JANGAN RAGUKAN FIRMAN TUHAN! ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

JANGAN RAGUKAN FIRMAN TUHAN!

BACAAN ALKITAB HARI INI
2 Raja-raja 7:1-20
Sekali waktu ibu kota Kerajaan Israel, Samaria, dikepung oleh orang Aram. Mereka pun mengalami krisis yang dahsyat. Akibatnya harga melonjak tinggi. Kepala keledai dihargai delapan puluh syikal perak dan seperempat kab tahi merpati berharga lima syikal perak (2 Raja-raja 6:25). Lalu Tuhan berfirman melalui Nabi Elisa, “Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria.” Mendengar hal itu, seorang perwira ajudan raja tidak percaya dengan firman tersebut. Baginya itu mustahil, sehingga dia menjawab, “Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?” Lalu Elisa menjawabnya, “Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya.” Selanjutnya kita membaca bagaimana kuasa Tuhan bekerja secara ajaib. Melalui orang-orang kusta yang memberanikan diri menembus perkemahan tentara Aram, mereka pun memberi tahu kabar ke istana raja. Tentara Aram saat itu telah melarikan diri karena mendengar bunyi kereta, kuda, dan tentara yang besar, padahal Tuhanlah yang membuat bunyi tersebut. Mendengar kabar itu, seorang pegawai raja yang kemudian disusul oleh penduduk kota Israel akhirnya menjarah perkemahan orang Aram. Karena itulah, sesuai dengan firman yang telah disampaikan, keesokan harinya sesukat tepung yang terbaik dan dua sukat jelai menjadi seharga sesyikal. 
Tuhan mengubah krisis dalam waktu semalam! Ironisnya, perwira yang tak percaya itu mati secara mengenaskan. Saat mengawasi pintu gerbang, rakyat menginjak-injaknya. Hal itu terjadi sesuai dengan perkataan Tuhan. Ini menjadi peringatan bagi kita jangan sekali-kali meragukan firman Tuhan. Keadaan semustahil apa pun, tak akan menghalangi firman-Nya digenapi. Ketika Tuhan telah berfirman, maka itu pasti terjadi. Karenanya kita harus berpegang dan percaya kepada firman-Nya, sekali pun semua tampak mustahil di depan mata. Sebab orang yang benar akan hidup oleh percayanya. [RS]
REFLEKSI DIRI 
1. Bagaimana ciri orang yang hidup oleh percayanya?
2. Adakah keadaan yang membuat Anda sulit untuk percaya kepada janji kebenaran firman Tuhan? Komitmen apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya?
YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan pernah meragukan firman Tuhan, sekalipun keadaan tampak mustahil. Berpeganglah dan hiduplah oleh kebenaran firman-Nya.
POKOK DOA
Tuhan, janji-Mu sangat teruji, firman-Mu ya dan Amin. Terima kasih Engkau tak pernah ingkar janji. Sekalipun langit bumi berlalu, tetapi firman-Mu tetap selamanya. Aku akan berpegang pada firman-Mu. Dalam nama Yesus. Amin.
HIKMAT HARI INI
Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. – Tuhan Yesus
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.