Tetaplah Menebarkan Kebaikan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Tetaplah Menebarkan Kebaikan

Matius 5:16,”Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”.

Pada zaman Tuhan Yesus orang memakai pelita untuk penerangan. Tuhan yesus sendiripun menggambarkan orang Kristen sebagai terang dunia dan sebagai murid Kristus, kitapun diperintahkan untuk bercahaya.
Orang lain akan melihat terang Tuhan dalam hidup kita lewat perbuatan-perbuatan baik yang kita lakukan. Ada 4 hal dalam berbuat baik yang harus kita perhatikan yaitu:
1. Berbuat baik harus dengan ketulusan
Mazmur 73:1, Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.
Firman Tuhan memberikan pemahaman kepada kita bahwa berbuat baik harus disertai ketulusan hati. Yakni hati yang dipenuhi rasa kasih tidak hanya kepada sesama, tapi juga diri sendiri, terlebih lagi kepada Tuhan. ketika berbuat baik, kita tidak boleh hitung-hitung untung ruginya dan jangan mengharapkan pujian atau imbalan. Berbuat baiklah dengan ketulusan.
Amsal 11:17a mengatakan, orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri.

2. Berbuat baik kepada semua orang
Amsal 3:27, Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.
Ketika kita berbuat baik, hendaklah kita berbuat baik kepada semua orang. Perkataan Yesus sendiri dalam Injil Lukas 6:33-35 mengajarkan kita, berbuat baik bukan hanya kepada orang yang baik sama kita. Tetapi Tuhan mengajarkan lebih lagi, yaitu mengasihi musuh dan berbuat baiklah kepada musuh-musuh kita, berdoa untuk mereka, tidak membalas jahat dengan jahat.

3. berbuat baiklah selagi ada kesempatan
Galatia 6:10, Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.
Kesempatan tidak datang dua kali dalam kita berbuat baik kepada orang lain. oleh sebab itu, selagi ada kesempatan, mari kita berbuat baik. Tidak selamanya kita mempu, kita kuat, sehat untuk hidup menjadi berkat. “selama masih ada’ berarti kesempatan berbuat baik itu adalah anugrah dari Tuhan. Jangan sampai kita melewatkan kesempatan yang Tuhan berikan bagi kita dan berakhir dengan penyesalan. Jangan sia=siakan kesempatan yang ada untuk berbuat baik.

4. Berbuat baik itu ada balasannya
Galatia 6:9, Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
Firman Tuhan mengajar kita agar kita jangan bosan atau jemu-jemu untuk berbuat baik. Karena satu kali waktu perbuatan baik yang kita tabur pasti akan kita tuai. Perbuatan baik apapun yang kita kerjakan dalam Tuhan pasti ada balasannya.
Terkadang, hasil baik dari perbuatan kita tidak langsung terlihat. Namun, Allah menjanjikan bahwa jika kita tidak menyerah, kita akan menuai hasilnya pada waktunya. Oleh karena itu, jangan biarkan kelelahan atau keraguan merampas semangat kita.
Kebaikan dapat membawa harapan, mengubah hidup, dan menyinari kegelapan. Mungkin tindakan kecil kita memiliki dampak besar pada seseorang yang membutuhkan dukungan atau semangat. Seiring waktu, benih kebaikan yang kita tanam akan tumbuh dan menjadi berkat bagi banyak orang.
Hari ini, saat kita melangkah keluar, mari kita niatkan hati kita untuk terus berbuat baik tanpa mengharapkan penghargaan atau hasil instan. Ingatlah bahwa setiap tindakan kebaikan kita membentuk cerita yang lebih besar, dan Allah melihat hati yang tulus.
Berbuat baik adalah suatu tindakan terpuji yang bukan hanya menyenangkan hati orang lain, tetapi juga menyenangkan hati Tuhan. tanpa kita sadari perbuatan baik yang kita lakukan terhadap orang lain, dapat berbalik menjadi suatu kesempatan yang baik bagi kita. Jangan menahan diri untuk berbuat baik kepada sesama kita. Berbuat baik merupaakan gaya hidup Yesus sendiri.
Lakukanlah kebaikan dimana saja dan kapan saja dengan tidak jemu-jemu, karena suatu hari kelak kita akan menuai perbuatan baik tersebut. Dengan demikian kita sudah menjadi terang dan m
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.