Jangan Melewati Batas ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Jangan Melewati Batas

Kejadian 6:1-8

Bacaan hari ini menggambarkan dengan jelas bagaimana dosa di seluruh dunia telah melewati batas yang ditetapkan.

Narasi dalam Kejadian 6:1-8 menunjukkan betapa mengerikannya dosa dan konsekuensinya. Alkitab merangkumnya dengan mengatakan: " ... betapa besar dosa manusia di bumi, dan setiap pikiran dan kecenderungan hatinya selalu berorientasi pada kejahatan" (5).

Kalimat ini diucapkan setelah pelanggaran yang dilakukan oleh "anak-anak Allah" (2). Meskipun ada berbagai penafsiran tentang siapa "anak-anak Allah" ini (apakah keturunan Set yang hidup benar, malaikat, atau lainnya), yang pasti adalah mereka "melihat ... memilih sebagai istri, siapa saja yang mereka suka" (2), mirip dengan Hawa yang "melihat ... mengambil buahnya dan memakannya" (Kej 3:6). Dengan mengambil pasangan berdasarkan keinginan mata dan hati mereka, mereka telah melewati batas yang ditetapkan oleh Allah. Akibatnya, mereka menghasilkan keturunan yang "gagah perkasa" dan "ternama", tetapi hidup dalam kejahatan (4-5).

Dosa adalah sesuatu yang menggoda. Sejak kejatuhan manusia, dosa selalu menggoda untuk melewati batas yang Allah tetapkan. Meskipun Allah telah menetapkan batas untuk hubungan yang baik antara manusia dan Dia, dosa menggoda manusia untuk mengabaikan peringatan Tuhan dan melewati batas tersebut. Dosa telah membingungkan manusia dan menyimpang dari jalan yang benar.

Dalam hal ini, kita dapat memahami mengapa hati manusia sering kali menghasilkan kejahatan. Ketika manusia melanggar perintah Allah, ia menjadi terjebak dalam keinginan tersebut. Meskipun ia berharap untuk berbuat baik, ia malah melakukan hal yang sebaliknya (lihat Rom 7:15-23). Dosa membelenggu manusia, membuatnya terus-menerus mengikuti keinginan dan tindakan dosa.

Jika kita masih terikat oleh dosa saat ini, mari datang kepada Yesus Kristus, yang telah bangkit untuk kita. Hanya Dia yang dapat membebaskan kita sepenuhnya dari belenggu dosa dan kuasa maut.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.