Kesalehan Hidup ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Kesalehan Hidup

Kejadian 6:9-22

Sejak jatuhnya manusia, Kitab Kejadian menunjukkan bagaimana dosa memiliki kekuatan untuk menyimpangkan hidup manusia. Kejahatan merajalela, bahkan dalam konteks ibadah (Kej 4:1-15).

Namun, ada pengecualian yang terjadi. Nuh hidup dalam persekutuan dengan Allah (9). Ini tidak berarti Nuh tanpa dosa, tetapi ia hidup dengan integritas dan kesalehan. Tidak seperti orang-orang sekitarnya, Nuh berusaha menjaga integritas dan tetap hidup benar di mata Allah. Nuh memilih hidup yang beriman di tengah kegelapan iman, dan ia memilih kebenaran daripada kefasikan. Sebagai hasilnya, Allah mengasihi Nuh (Kej 6:8) dan mengungkapkan rencana-Nya mengenai dunia (13).

Allah berencana untuk menghapus kejahatan dengan banjir (17), tetapi Ia akan menyelamatkan Nuh, keluarganya, dan sepasang dari setiap makhluk untuk mempertahankan kehidupan (18-21). Karena itu, Nuh diperintahkan untuk membuat bahtera besar (14-16). Nuh mematuhi perintah Allah dengan setia (22).

Kesalehan Nuh bukan hanya tentang hidup yang benar dan menjauhi kejahatan, tetapi juga mengenai partisipasinya dalam rencana Allah untuk menghapus kejahatan dari bumi.

Demikian pula, orang percaya saat ini. Di tengah dunia yang penuh dengan keegoisan, cinta uang, dan hawa nafsu (lihat 2Tim 3:1-5), kita dipanggil untuk mencintai Allah di atas segalanya. Meskipun kita hidup di dunia yang penuh kefasikan, kita dipanggil untuk berjalan dengan Allah dan menjadi gambaran Kristus.

Selain itu, kita juga dipanggil untuk aktif dalam misi Allah di dunia. Sepanjang sejarah, Allah terus bekerja untuk memperbarui dunia ini. Semua kejahatan akan digantikan oleh keindahan, keadilan, dan kebenaran Allah. Orang percaya diutus untuk terlibat dalam misi ini dan menyatakan keselamatan melalui kuasa kebangkitan Yesus Kristus.

Kesalehan hidup bukan berarti hidup sesuai dengan standar dunia atau menghindari dunia, tetapi hadir di dunia untuk membawa perubahan dan menjadi terang dalam kegelapan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.