MEMBUTAKAN PANDANGAN ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

MEMBUTAKAN PANDANGAN

KELUARAN 23:1-9
"Jangan menerima suap, sebab suap membutakan pandangan yang jernih dan memutarbalikkan perkara orang yang benar." (Keluaran 23:8)

    Terkadang, situasi yang sulit bisa terlihat lebih mudah dengan menggunakan suap. Namun, hal ini sering kali berujung pada ketidakadilan, di mana orang yang bersalah bisa lolos dari hukuman sementara yang tidak bersalah harus menanggung akibatnya. Praktik ini sangat merugikan, bukan?

    Dalam hukum sosial yang ditetapkan bagi orang Israel, suap dianggap sebagai tindakan yang sangat tidak diterima. Suap, atau memberikan uang di luar aturan resmi untuk mencapai tujuan tertentu, dianggap berbahaya oleh Allah karena "membutakan pandangan yang jernih dan memutarbalikkan perkara orang yang benar" (ayat 8). Hal ini dianggap sebagai ketidakadilan karena orang yang menerima suap sering kali diuntungkan secara tidak adil, dan seringkali terjadi penipuan dan kecurangan di dalamnya. Praktik suap tidak hanya merugikan keadilan dan hukum, tetapi juga memperkaya diri seseorang dengan cara yang tidak benar. Allah melarang praktik suap karena hal ini bertentangan dengan prinsip kekudusan yang Dia tetapkan bagi umat-Nya.

    Walaupun praktik suap mungkin dianggap wajar oleh beberapa orang untuk menghindari masalah, Allah dengan tegas menentangnya. Umat Allah diingatkan untuk menolak praktik semacam itu dan untuk selalu memegang teguh prinsip kejujuran dalam segala hal yang mereka lakukan. Kiranya kita terus diingat akan pentingnya memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan keadilan dalam setiap tindakan kita.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.