Ketika Anda Butuh Dukungan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Ketika Anda Butuh Dukungan

Setiap orang punya masalah, dan hal-hal yang kita alami membentuk cara kita memandang dunia, dan diri kita sendiri. Tapi kita tidak diciptakan untuk memikul beban sendirian.

Dalam Matius 11:28-30, Yesus berkata kepada orang-orang yang mengikuti Dia—

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah gandar yang Kupasang … Sebab gandar yang Kupasang itu menyenangkan dan beban-Ku pun ringan (PBTB2)

Gandar adalah balok kayu berat yang diikat di atas sepasang lembu, membagi berat beban yang mereka bawa secara merata. Tetapi istilah itu juga digunakan oleh para rabi Yahudi. “Gandar hukum” melambangkan ketaatan penuh pada hukum Tuhan, dan para rabi mengajarkan bahwa dengan menjadi satu dengan kuk itu akan membebaskan orang Yahudi dari perbudakan dunia.

Yesus menggunakan ungkapan yang akan mudah dipahami oleh para pengikut-Nya dari kalangan Yahudi, tetapi Dia membalik ilustrasinya. Dia mengatakan kepada orang banyak itu bahwa mereka harus menaruh gandar hidup mereka kepada-Nya—karena Dialah yang menggenapi hukum mereka.

Jika mereka melakukan itu, beban yang mereka pikul tidak akan berat sama sekali—karena Dia akan menanggung beban mereka.

Paulus merujuk pada ajaran ini dalam suratnya kepada orang-orang Kristen Galatia:

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

Galatia 6:2 PBTB2

Hukum Kristus adalah mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa, akal budi, dan kekuatan kita, dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri (Matius 22:37-40). Tetapi satu-satunya cara agar kita dapat menggenapi hukum Kristus adalah jika kita mengikatkan diri kita kepada-Nya. Ketika kita menaruh gandar kepada Yesus, Dia yang menjadi sumber kekuatan kita.

Dia membantu kita bertahan dalam situasi sulit dan memungkinkan kita untuk meghindari keputusan yang buruk. Dia memenuhi kita dengan kasih-Nya sehingga kita dapat mengalirkan kasih-Nya kepada orang lain. Dia memberi kita kemampuan untuk menolong pengikut Kristus lainnya sebagaimana Dia menolong kita.

Sama seperti Yesus menanggung dosa dan penderitaan kita, kita dipanggil untuk menanggung penderitaan orang lain. Dengan cara ini, kita menunjukkan kasih Kristus kepada mereka dan menuntun mereka kepada Yesus.

Saat ini, luangkan beberapa menit untuk berbicara kepada Tuhan tentang beban Anda yang memerlukan pertolongan-Nya, kemudian izinkan Dia menunjukkan siapa yang Dia ingin untuk Anda tolong.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.