Memikirkan Kehidupan Orang Banyak ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Memikirkan Kehidupan Orang Banyak

Saat kita diberi kekuasaan besar, kita harus memikirkan kesejahteraan banyak orang. Semakin tinggi kekuasaan yang kita miliki, semakin besar tanggung jawab kita terhadap kesejahteraan banyak orang.

Pada masa kelaparan yang masih berlangsung, seluruh uang di tanah Mesir dan Kanaan digunakan untuk membeli gandum dari Yusuf, dan Yusuf membawa uang itu ke istana Firaun (14). Namun, kelaparan belum berakhir, sehingga rakyat kemudian menukarkan ternak mereka untuk mendapatkan makanan pada tahun itu (15-17).

Pada tahun berikutnya, rakyat meminta Yusuf untuk membeli tanah mereka agar mereka bisa mendapatkan makanan dan tetap hidup, serta memperoleh benih untuk ditanam sehingga seluruh tanah di Mesir menjadi milik Firaun (18-20). Yusuf kemudian meminta rakyat untuk mengerjakan ladang yang sudah menjadi milik Firaun dan memberikan seperlima hasilnya kepada Firaun, dan rakyat dengan senang hati melakukannya (23-26).

Meskipun rakyat Mesir memberikan ternak dan bahkan seluruh ladang mereka demi mendapatkan makanan dengan berat hati, mereka tetap rela karena tidak ada pilihan lain. Walaupun demikian, Yusuf memperlakukan mereka dengan baik, sehingga mereka hanya diminta untuk memberikan seperlima hasil panen kepada Firaun. Hal ini dipandang baik oleh rakyat karena mereka memahami bahwa Yusuf menyelamatkan hidup mereka.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa Yusuf adalah seorang pemegang kuasa yang memikirkan kehidupan orang banyak dan memperlakukan rakyat dengan baik.

Anugerah memang Allah berikan secara cuma-cuma. Namun, untuk setiap anugerah yang Allah berikan, Ia menuntut tanggung jawab. Semakin besar anugerah yang diberikan kepada kita, semakin besar tanggung jawab yang harus kita pikul. Oleh karena itu, jika kita menjadi orang berkuasa yang menentukan kesejahteraan banyak orang, kita harus semakin berhikmat agar kita dapat menjadi berkat bagi semakin banyak orang.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.