Penyesalan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Penyesalan

Bencana kelaparan yang melanda negeri Kanaan sangatlah parah. Banyak orang mengalami kekurangan makanan, termasuk Yakub. Mendengar kabar bahwa ada gandum di Mesir, Yakub menyuruh anak-anaknya berangkat ke sana.

Ketika saudara-saudara Yusuf tiba di Mesir, Yusuf langsung mengenali mereka, tetapi mereka tidak mengenali dia (7-8). Mereka tidak menyangka bahwa adik mereka masih hidup dan mereka akan berjumpa dengannya di situ (13). Dengan keras, Yusuf menuduh mereka sebagai pengintai. Mereka berusaha meyakinkan sang penguasa, tetapi Yusuf mengurung mereka di penjara selama tiga hari (17).

Setelah itu, Yusuf mengizinkan mereka pulang asalkan salah satu dari mereka ditinggalkan sebagai sandera dan mereka membawa Benyamin kembali ke Mesir. Saudara-saudara Yusuf mulai merenung dan menyesali kesalahan serta ketidakpedulian mereka di masa lalu (21). Penyesalan muncul saat mereka teringat akan peringatan yang pernah mereka abaikan (22).

Kesulitan besar yang mereka alami di Mesir diceritakan kepada ayah mereka, Yakub. Yakub mempersalahkan anak-anaknya dan jelas menunjukkan bahwa ia tidak memercayai mereka lagi, terutama setelah kehilangan Yusuf yang pergi bersama mereka. Penyesalan atas hilangnya Simeon yang tidak ikut pulang dengan mereka juga dirasakan Yakub (36). Untuk menghindari penyesalan yang lebih besar, Yakub bersikeras agar Benyamin tidak pergi (38).

Sungguh menyedihkan ketika kita saling menyakiti dan menyesali perbuatan satu sama lain. Tindakan yang kita kira akan memuaskan diri ternyata hanya membawa kita ke dalam penyesalan. Seperti pepatah, "Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna," sebaiknya setiap tindakan dipikirkan sebelum dilakukan agar kita bisa menghindari penyesalan yang tiada akhir.

Apa yang buruk jangan diteruskan agar kita tidak terjebak dalam lingkaran penyesalan. Daripada berharap bisa mengubah masa lalu, mari kita jalani masa sekarang dengan kebijaksanaan dan pengendalian diri yang baik.

Mari kita berdoa. 
Pagi ini Aku datang kepadamu Tuhan dan aku  mohonkan berkat kepada TUHAN untuk Bapak, Ibu,jemaat  sodara-sodari  sekalian. 
Kiranya berkat kesehatan. Berkat sukacita. Berkat Damai Sejahtera. Mengalir dalam kehidupan kita semua. 
Dan diberkati juga rumah tangga mu. Anak-anak dan cucu-cucu mu. Pekerjaanmu. Mou Mu
Sawah dan ladang mu.  Studi mu. Toko mu.
Usaha mu. Kantor mu Rumah mu. Keluarga mu.
Pelayanan mu. Gereja mu. Masa depanmu,  calon jodohku. 
Dalam nama TUHAN YESUS biarlah berkat Mu mengalir melimpah dalam kehidupan kami... Yang percaya katakan AMIN.!!!... TUHAN YESUS memberkati
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.