Kasih kepada Orang Tua ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Kasih kepada Orang Tua

Orang tua adalah sosok penting bagi anak-anaknya. Mereka merawat, menjaga, mendidik, dan memenuhi segala kebutuhan anak dengan yang terbaik. Namun, mereka akan menua dan suatu hari nanti akan kembali kepada Sang Pencipta. Oleh karena itu, kewajiban anak-anak bukan hanya membahagiakan orang tua saat mereka hidup, tetapi juga mengurus kematian mereka dengan sepatutnya.

Kita melihat bagaimana Yusuf menyatakan kasih kepada orang tuanya. Pertama, ia menunjukkan kasih sayang dengan merebahkan dirinya, menangisi, dan mencium ayahnya (50:1).

Kemudian, ia menjalankan proses pengawetan jenazah ayahnya selama 40 hari dan berkabung selama 70 hari (50:2-3). Ia juga meminta dan mendapatkan izin dari raja untuk menguburkan jenazah ayahnya sesuai pesan terakhirnya (49:29-32, 50:4-6).

Terakhir, ia membawa jenazah ayahnya untuk dimakamkan di tanah Kanaan, di dalam gua di ladang Makhpela, meskipun lokasinya jauh (50:7-10, 12-13). Ia melakukannya bersama saudara-saudaranya dan seisi rumah ayahnya.

Apakah kita masih melihat kasih kepada orang tua dalam diri anak-anak zaman sekarang? Bagaimana dengan berita tentang anak-anak yang menelantarkan, bahkan melukai dan membunuh orang tua mereka? Masih adakah kasih kita kepada orang tua? Atau, apakah kasih kita penuh dengan kepura-puraan?

Kita dapat mengikuti teladan Yusuf yang mengasihi ayahnya dengan tulus. Sikapnya bukan sekadar luapan emosi atau kepura-puraan untuk mendapatkan simpati dan empati dari keluarga, pejabat istana, dan raja. Ia rela berkorban untuk mewujudkan kasih kepada ayahnya. Akibatnya, ia pun mendapat kasih dari banyak orang.

Kita harus mewujudkan kasih kepada orang tua kita dengan tulus, bukan sekadar kewajiban atau untuk mendapatkan simpati. Kasih kepada orang tua adalah hukum Allah yang kelima, dengan janji kehidupan yang panjang di tanah yang Tuhan berikan (Kel. 20:12). Kasih inilah yang seharusnya mengisi hidup kita dan membahagiakan orang tua kita.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.