Mencari Tuhan ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Mencari Tuhan

Ke mana kita dapat mencari Tuhan? Umumnya, orang akan berkata bahwa Tuhan bertakhta di surga, yang berarti jika kita ingin menemukan Tuhan, kita harus pergi ke surga. Namun, di mana surga itu? Mengapa hingga saat ini belum ada yang mampu menjelajah dan memetakan lokasi surga? Sebenarnya, untuk mencari Tuhan, kita tidak perlu pergi jauh-jauh. Kita hanya perlu membuka firman-Nya yang tertulis, yaitu Alkitab.

Mazmur 34 menyajikan panduan yang menarik bagi orang yang ingin mencari Tuhan. Uniknya, yang menyatakan bahwa ia telah mencari Tuhan adalah Daud, pada saat ia berpura-pura tidak waras (1; lih. 1Sam. 21:13). Menariknya lagi, pencarian dalam kondisi seperti itu justru berhasil. "Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku" (5).

Apa sebenarnya rahasia dari keberhasilan itu? Eksistensi Tuhan memang melampaui akal pikiran manusia. Siapa yang menyangka bahwa oleh seseorang yang berpura-pura gila, Tuhan bisa ditemukan? Saat Daud ketakutan oleh karena Raja Akhis, ia dapat memandang siapa dirinya dan memandang kepada Tuhan (6).

Di hadapan Yang Maha Besar, ia tidak bisa memamerkan kekuasaannya ataupun bermegah dengan segala kepunyaannya. Sebaliknya, ia dituntun untuk merendahkan hatinya dan memuji Tuhan (2-3). Ia benar-benar telanjang di hadapan Yang Maha Tinggi.

Sang raja pada hakikatnya tetaplah titah sawantah (manusia biasa). Kesadaran inilah yang membuatnya berseru kepada Tuhan (7). Saat ia tidak berdaya dan tidak ada seorang pun yang dapat menolongnya, Daud justru menemukan Tuhan yang hadir untuk menyelamatkannya dan menempatkan malaikat-Nya untuk melindunginya.

Ancaman menjadi kegentaran hebat hingga Daud rela berlaku seperti orang gila, tetapi ini pun tidak menjadi penghalang bagi hamba-Nya untuk mencari dan menemukan Tuhan, Sang Juru Selamat. Pengalaman demikian justru mematangkan Daud dan mengundang kita semua untuk mengecap dan melihat kebaikan Tuhan. Ingat, Dialah Penolong dan Pelindung kita!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.