Perhatian Khusus ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Perhatian Khusus

Keluaran 6:14-27

Silsilah dalam bacaan kali ini menunjukkan perhatian khusus Allah terhadap keturunan Lewi, terutama melalui Harun dan keturunannya. Walaupun Ruben dan Simeon adalah anak-anak tertua Yakub, fokus utama silsilah beralih kepada keturunan Lewi. Silsilah ini memperlihatkan bagaimana Allah memilih untuk memakai keluarga tertentu dalam pelayanan-Nya, khususnya sebagai imam bagi bangsa Israel.

Nama-nama dalam silsilah ini menyoroti generasi demi generasi yang disiapkan Allah untuk tugas khusus. Kehat, Amram, Harun, Eleazar, dan Pinehas adalah beberapa nama penting yang silsilah ini fokuskan. Umur dari beberapa orang tersebut disebutkan, memperlihatkan pentingnya mereka dalam rencana Allah. Khususnya, keturunan Harun ditunjuk sebagai imam besar bagi Israel, sementara keturunan Musa tidak disebutkan. Ini menunjukkan bahwa pilihan Allah atas siapa yang akan melayani sebagai imam adalah anugerah yang tidak diwariskan berdasarkan popularitas atau kedudukan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya yang unik.

Meskipun Musa memainkan peran utama dalam membimbing umat Israel keluar dari Mesir, jabatan imam besar akan diwariskan kepada keturunan Harun. Ini adalah gambaran bahwa setiap orang memiliki peran khusus yang ditetapkan Allah dalam rencana-Nya, dan pelayanan imam besar adalah hak istimewa yang dianugerahkan kepada keturunan Harun.

Sebagai orang percaya, ini mengingatkan kita bahwa dipilih dan dipakai Allah adalah anugerah besar. Berdoa agar kita dan keturunan kita bisa dipakai Allah dalam melaksanakan kehendak-Nya, apapun peran yang diberikan. Kita semua memiliki kesempatan untuk melayani Tuhan dengan cara kita masing-masing, dan berkat Tuhan dapat mengalir dari generasi ke generasi melalui pelayanan dan kesetiaan kita kepada-Nya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.