Takut versus Akal Sehat ~ Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Takut versus Akal Sehat

Rasa takut adalah sesuatu yang pasti pernah kita alami. Ketakutan membuat kita kehilangan sukacita, dan bahkan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain. Ketika rasa takut dibiarkan berlebihan, hal itu bisa menjerumuskan seseorang ke dalam dosa dan kejahatan, sebagaimana yang terjadi pada Firaun.

Karena takut akan bertambah banyaknya orang Ibrani di Mesir, Firaun mengambil tindakan kejam. Dia memerintahkan para pengawas dan rakyat Mesir untuk menindas bangsa Ibrani melalui kerja paksa, sehingga mereka mengalami penderitaan dan kepahitan dalam bekerja (6-14).

Tidak berhenti di situ, Firaun juga memerintahkan dua bidan bernama Sifra dan Pua, yang sering membantu perempuan Ibrani melahirkan, untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang dilahirkan oleh orang Ibrani (15-16).

Namun, rencana Firaun gagal karena Sifra dan Pua memilih untuk tidak menaati perintah tersebut. Sebaliknya, jumlah orang Ibrani semakin bertambah banyak (17-21). Akhirnya, Firaun memerintahkan agar semua bayi laki-laki dari keturunan Ibrani dibuang ke Sungai Nil. Tindakan ini mencerminkan ketakutan yang mendalam pada Firaun terhadap perkembangan bangsa Israel.

Jangan biarkan rasa takut menguasai kita hingga menjerumuskan kita ke dalam dosa dan kejahatan. Bagaimana cara kita menghadapi ketakutan? Rasa takut dapat diatasi dengan mengandalkan pertolongan Tuhan, karena akar dari ketakutan sering kali adalah kurangnya kepercayaan pada Tuhan. Sering kali, kita lebih memilih untuk mengandalkan apa yang kita lihat dan rasakan sendiri.

Tuhan tidak mengajarkan kita untuk mengabaikan keadaan sekitar, tetapi jangan sampai rasa takut merusak akal sehat kita, hingga kita mengabaikan Tuhan dan merugikan orang lain. Percayalah kepada Tuhan dan jangan bergantung pada pemahaman kita sendiri. Yakinlah bahwa Tuhan memberi kita kemampuan untuk mengatasi ketakutan dan melakukan hal yang benar.

Seperti Sifra dan Pua yang berani melakukan hal benar di mata Tuhan, kita pun diajak untuk berani hidup sesuai kehendak-Nya.

Pagi ini, marilah kita memohonkan berkat kepada Tuhan bagi Bapak, Ibu, jemaat, serta saudara-saudari sekalian. Kiranya Tuhan melimpahkan berkat kesehatan, sukacita, dan damai sejahtera dalam kehidupan kita semua.

Kiranya Tuhan memberkati rumah tanggamu, anak-anakmu, cucu-cucumu, pekerjaanmu, sawah dan ladangmu, perusahaanmu, studimu, tokomu, usahamu, kantormu, kerja samamu, dan para pelangganmu. Biarlah berkat-Nya juga tercurah atas rumahmu, keluargamu, pelayananmu, gerejamu, majikanmu, dan calon pendampingmu.

Dalam nama Tuhan Yesus, biarlah berkat-Nya mengalir dengan limpah dalam hidup kita. Yang percaya katakan, Amin! Tuhan Yesus memberkati. 🙏

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.