Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Penetapan Tuhan Dalam Kehidupan

Yunus 4:5-11

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
- Roma 8:28

Konsep penetapan Allah dalam kehidupan manusia bukan selalu menjadi kabar baik bagi semua orang. Para pemeluk paham kehendak bebas (freewill) akan menentang konsep tersebut karena merasa manusia seperti robot yang dikontrol oleh Allah. Sedangkan, orang yang percaya pada nasib (fatalisme) akan mempertanyakan konsep penetapan Allah karena menurut mereka, setiap kejadian ditentukan oleh nasib atau kesempatan, bukan oleh Allah. Lalu, bagaimana seharusnya pandangan kristiani terhadap konsep penetapan Allah?

Allah yang menetapkan kehidupan manusia adalah Allah yang penuh kasih, hikmat, serta adil. Kisah Yunus menunjukkan dengan jelas bahwa Allah memegang kendali penuh atas dunia dan kendali tersebut mencerminkan pribadi-Nya. Dia menetapkan Yunus untuk mengabarkan hukuman atas Niniwe agar mereka bertobat. Allah juga menetapkan tanaman untuk menghibur hati Yunus, meskipun hidup tanaman tersebut hanya sehari agar Yunus memahami hati-Nya (ay. 6-7). Ia memberikan kesempatan bagi Yunus maupun orang Niniwe untuk bertobat, serta mengalami kasih dan rencana-Nya.

Penetapan Allah pun dapat mencakup hal baik maupun buruk dalam kehidupan manusia, tetapi tidak terlepas dari rencana-Nya yang terbaik. Allah menetapkan hal baik terjadi dalam hidup Yunus, yaitu tumbuh sebatang pohon menaunginya dari panas (ay. 6). Demikian juga dengan hal buruk, ada ulat yang membuat layu pohon tersebut (ay. 7) dan angin panas yang membuat Yunus lesu (ay. 8). Namun, ketiga hal tersebut terjadi atas hikmat serta kasih Allah yang luar biasa untuk mendidik nabi-Nya dan itu merupakan hal terbaik bagi Yunus untuk memahami hati-Nya (ay. 10-11).

Orang Kristen seharusnya merasa tenang atas adanya penetapan Allah dalam hidupnya. Kejadian buruk maupun baik dapat terjadi dalam setiap kehidupan manusia, tetapi jika kita mengenal Siapa yang pegang kendali tentunya hidup akan lebih bermakna. Selain itu, setiap peristiwa dalam kehidupan harusnya membawa kita lebih mengenal Tuhan yang menetapkan-Nya. Tuhan Yesus pun tetap taat atas penetapan Allah dalam hidup-Nya. Mari setiap kita yang mengaku pengikut Yesus belajar untuk mengenal, serta setia mengikuti rencana dan penetapan Allah dalam hidup kita.

Refleksi Diri:

Apa karakter Allah yang tercermin dalam penetapan dan rencana-Nya di dalam hidup Anda?
Bagaimana mengetahui bahwa sesuatu yang terjadi adalah penetapan dari Allah?
"
selamat Pagi.selamat beraktifitas .kasih karunia Rahnat dan kasih Sayang dan cinta Kasih Tuhan Yesus Kristus pernyataan pemeliharaan Roh Kudus senantiasa tinggal dalam hidup Mu.Amin
Share:

Keselamatan Di Dunia Ini

Galatia 1:1-5

kasih karunia menyertai kamu dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita.
- Galatia 1:3-4

Sebagai orang Kristen, apa yang segera terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata “keselamatan”? Saya duga, Anda memikirkan keselamatan dalam arti kehidupan kekal atau masuk surga. Anda tidak keliru, tetapi pemahaman ini tidak lengkap. Pemahaman separuh inilah yang membuat banyak orang merasa percaya Yesus itu urusan orang yang sudah tua atau sakit berat.
Dalam ayat emas di atas, Rasul Paulus mengajarkan tentang keselamatan dalam dimensi kekinian dan di dunia ini. Perhatikan frasa “Tuhan Yesus Kristus … melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini”. Saya ingin Anda memerhatikan kata “sekarang ini”. Tuhan Yesus menyelamatkan kita dari dunia jahat yang sekarang ini. Artinya, keselamatan dimulai dari sekarang ini dan terjadi di dunia ini. Memang, kesempurnaan keselamatan itu terjadi pada saat kita berjumpa dengan Tuhan di surga, tetapi kita sudah mengalami keselamatan sekarang ini dan di dunia ini. Dengan demikian, iman Kristen bukan iman pada sesuatu yang belum terjadi tetapi pada sesuatu yang sudah dan sedang terjadi dan menuju kesempurnaan nanti.
Apa keselamatan yang dimaksud Rasul Paulus? Ada keterangan “dunia yang jahat” pada bagian kalimat tersebut. Kita hidup dalam dunia yang setiap saat ingin menjatuhkan atau menyeret kita ke dalam dosa. Dari dunia seperti inilah Tuhan Yesus menyelamatkan kita. Dia membawa kita dari kehidupan sia-sia dan mendatangkan murka Allah kepada kehidupan yang bermakna dan berkenan kepada-Nya. Jadi, sekarang Anda mengerti ‘kan, bahwa keselamatan bukan saja tentang status atau nasib kita nanti setelah meninggal dunia tetapi tentang transformasi hidup kita di dunia dan sekarang ini. Dari keberdosaan kepada kebenaran. Dari kesia-siaan kepada kebermaknaan. Dari kehampaan kepada kepenuhan.
Marilah kita isi keselamatan yang telah kita peroleh sekarang ini dengan melakukan hal-hal yang bermakna dan berkenan di hadapan Tuhan Yesus. Jangan berpangku tangan saja mengetahui bahwa kita telah memperoleh keselamatan kekal. Isilah hidup Anda dengan melakukan kebenaran yang sesuai dengan firman Tuhan.
Refleksi Diri:
Bagaimana Anda memahami konsep “keselamatan” selama ini?
Mengapa kita harus memberi perhatian penting pada keselamatan di dunia ini?
"
selamat berkarya buat Keluarga serta jadi berkat buat yang lain. kerja keras kerja cerdas.GBu
Share:

Perjumpaan Yang Mengubahkan

Lukas 19:1-10

Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”
- Lukas 19:9-10

Berubah merupakan sebuah kata yang mudah untuk diucapkan tetapi sangat sulit untuk dijalani dan dilakukan di dalam kehidupan. Pada dasarnya, manusia tidak suka melakukan perubahan, apalagi ketika sudah mengalami kondisi “nyaman” dalam hidupnya. Kondisi nyaman seringkali membuat manusia terlena akibat terlalu menikmati kemudahan dan keamanan yang saat ini didapat. Namun, suka atau tidak suka kita harus mengalami perubahan dalam hidup. Perubahan menjadi bagian yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan manusia.
Zakheus adalah salah satu orang yang dituliskan di dalam Alkitab yang mengalami perubahan yang drastis ketika berjumpa dengan Kristus. Pada waktu itu, Zakheus dianggap “sampah masyarakat” karena profesinya yang dibenci oleh masyarakat Yahudi, yaitu memungut cukai atau pajak di masa kini. Ia sebetulnya seorang Yahudi, tetapi dipakai oleh bangsa Romawi untuk memeras bangsanya sendiri. Namun, justru orang seperti inilah yang mengalami perubahan yang sangat drastis dalam hidupnya ketika berjumpa dengan Kristus.
Perjumpaan dengan Kristus menjadi titik awal perubahan hidup Zakheus. Sejak Yesus memanggilnya dan menyatakan niat untuk menumpang di rumahnya (ay. 5), Zakheus mengalami perubahan yang sangat berbanding terbalik dari kehidupan sebelumya. Ia yang awalnya mengumpulkan harta hasil perasan rakyat kecil, berubah ingin memberikan sebagian kekayaannya kepada orang miskin. Ia juga berkomitmen mengembalikan uang yang pernah diperasnya sebanyak empat kali lipat (ay. 8). Zakheus bahkan tidak hanya mengalami perubahan karakter, tetapi juga memutuskan untuk menjadi pengikut Kristus (disebutkan pada ayat 9 menjadi anak Abraham).
Saya tidak tahu sudah berapa lama Anda mengenal Tuhan Yesus dan menjadi seorang pengikut Kristus. Namun, pertanyaan yang patut direnungkan lebih dalam: apakah perjumpaan dengan Kristus sudah benar-benar mengubahkan Anda? Atau justru tidak ada perubahan ketika sebelum Anda mengenal Kristus sampai sekarang sudah mengenal-Nya? Jika jawabannya tidak, marilah meminta Tuhan Yesus menjumpai hati Anda dengan mengundang Dia masuk ke dalam hati Anda. Niscaya Dia akan mengubahkan Anda semakin serupa dengan-Nya.
Refleksi Diri:
Apa kenyamanan-kenyamanan yang membuat Anda sulit untuk berubah? Apakah Anda sudah meminta kekuatan Yesus untuk berani pindah dari kenyamanan tersebut?
Apa tindakan konkret yang ingin Anda lakukan dalam hal perubahan yang semakin serupa dengan Kristus?
"
selamat pagi dan selamat beraktifitas.gusti kang tansah mberkahi.
Share:

Warisan Iman

2 Timotius 1:1-10

Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.
- 2 Timotius 1:5

Dalam buku, Chicken Soup for the Christian Soul, dicatat kisah seorang wanita bernama Rebecca. Ia menderita kanker payudara di usia 32. Rebecca memiliki seorang suami dengan tiga orang putri berusia enam, empat, dan dua tahun. Selama delapan belas bulan menjalani kemoterapi, Rebecca memutuskan untuk membuat rekaman kaset yang akan diwariskan kepada anak-anaknya. Isi rekaman-rekaman tersebut dapat digunakan anak-anaknya untuk menghadapi berbagai peristiwa penting dalam hidup mereka. Beberapa judul rekaman yang dibuat Rebecca di antaranya: Hari Pertama Masuk Sekolah, Pacaran Pertama, Ciuman Pertama, dst. Sebelum meninggal Rebecca berpesan kepada sang suami untuk memperdengarkan rekaman kaset ini di saat peristiwa-peristiwa penting kehidupan putri-putri mereka.
Satu-satunya catatan Alkitab tentang Lois yang patut diingat adalah saat ia disebut telah mewariskan imannya kepada putri dan cucunya. Pencatatan pada ayat di atas minim informasi, tetapi berarti segalanya. Lois telah melakukan bagi keturunannya apa yang paling dibutuhkan oleh seorang percaya, yaitu menjamin bahwa generasi penerus akan hidup dituntun oleh iman kepada Tuhan yang benar. Hal ini terbukti pada cucu Lois, yaitu Timotius yang dikenal sebagai seorang saleh. Timotius semenjak muda sudah melayani Tuhan bersama Rasul Paulus. Ia juga menemani Paulus dalam perjalanan misi kedua dan ketiga. Paulus bahkan sampai mengirim Timotius ke lima jemaat Kristus karena kepercayaannya akan iman dan kesetiaan Timotius dalam melayani Tuhan. Paulus sangat terkesan dengan iman yang ia dapati dalam kehidupan Timotius. Tidak hanya teguh, iman Timotius dideskripsikan satu-satunya dalam keseluruhan Alkitab sebagai iman yang tulus iklas, tanpa kepalsuan seperti disebutkan pada ayat emas.
Warisan termiskin yang bisa orangtua berikan kepada anak adalah warisan materiil. Sayangnya seringkali usaha kita meninggalkan warisan rohani tidak segiat dan sekeras usaha meninggalkan harta materi bagi anak-anak kita. Persiapkan kepada anak cucu kita warisan iman dan kesaksian hidup melalui teladan iman kita kepada Kristus. Warisan terbaik yang tidak lekang oleh waktu dan bernilai kekal bagi mereka.
Refleksi Diri:

Mengapa warisan rohani lebih penting dibandingkan dengan warisan materi?
Apa usaha yang telah Anda lakukan untuk mewariskan iman kepada anak cucu Anda?
"
selamat beribadah berhari sabat, , selamat menyembah dengan hati yang ikhlas.Tuhan Yesus memberkati.
Share:

HADIAH SURGAWI

Filipi 3:13-4:1
… dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah,
yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
(Flp. 3:14)
Setiap orang senang apabila memperoleh hadiah. Makna “hadiah” dalam konteks ini adalah terjemahan dari kata brabeion yang artinya penghargaan kepada seorang pemenang. Keselamatan di dalam Kristus memiliki 2 dimensi, yaitu: keselamatan yang telah dianugerahkan secara cuma-cuma, dan respons iman dengan memelihara keselamatan sampai pada akhirnya.
Dalam teologi keselamatan Gereja Reformasi, Allah di dalam penebusan Kristus membenarkan manusia dan memanggil manusia dalam pengudusan. Umat percaya dibenarkan karena iman (justification) dan dikuduskan (sanctification). Dalam praktik hidup ternyata banyak orang hanya menghayati pembenaran oleh penebusan Kristus, tetapi mereka tidak hidup dalam pengudusan. Mereka tetap hidup dalam kecemaran hawa nafsu. Pikiran mereka semata-mata perkara yang duniawi (Flp. 3:19). Kondisi ini menempatkan diri mereka sebagai “seteru salib Kristus” (Flp. 3:18).
Pembenaran karena penebusan Kristus merupakan anugerah Ilahi yang memulihkan kita dari kutuk dosa. Pengudusan merupakan buah (aktualisasi) iman yang harus diperjuangkan dengan setia sampai pada akhirnya. Kepada mereka yang menang akan memperoleh hadiah surgawi, yaitu tubuh insani kita kelak akan diubah menjadi serupa dengan tubuh Kristus yang mulia. Upaya memperjuangkan hidup yang suci sebagai hadiah surgawi membutuhkan karunia Roh Kudus, dan kesediaan diri untuk senantiasa menyangkal diri.
DOA:
Ya Roh Kudus, mampukanlah kami merespons pembenaran karena penebusan
Kristus dengan hidup kudus sampai pada akhirnya. Amin.

 

selamat pagi dan selamat beraktifitas gbu
Share:

Perjumpaan Yang Memberi Kesempatan

Yohanes 21:15-19

Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: “Ikutlah Aku.”
- Yohanes 21:19b

Dalam kegagalan, kehilangan, keputusasaan, bahkan ketakutan setelah ditinggal mati Sang Guru, perjumpaan dengan Yesus setelah kebangkitan-Nya menjadi sesuatu yang sangat indah. Yesus menjumpai para murid. Dia secara khusus membangun dialog secara personal dengan Petrus. Simon Petrus yang sekarang, bukanlah pribadi yang sama seperti sebelum Yesus disalibkan. Petrus sekarang tampak tidak terlalu emosional dalam merespons Yesus. Petrus sadar dirinya pernah gagal dalam membuktikan kasihnya kepada Sang Guru.
Yesus memberikan pertanyaan yang sama kepada Petrus sebanyak tiga kali, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Tiga pertanyaan yang diajukan oleh Yesus membuat hati Petrus sedih. Ketiganya bukan pertanyaan sambil lalu. Yang dibutuhkan Yesus bukan sekadar jawaban yang keluar dari mulut Petrus. Yesus menginginkan jawaban dari hati Petrus yang menentukan komitmennya di dalam melaksanakan tugas yang akan dipercayakan kepadanya. Perjumpaan ini bukan hanya perjumpaan antara guru dan murid, tapi juga perjumpaan antara Allah dengan manusia yang pernah gagal. Pertanyaan berulang Yesus membawa Petrus kembali melihat siapa dirinya di hadapan Tuhan. Petrus sadar dirinya tidak layak diangkat sebagai murid, tetapi Yesus justru mengangkatnya dengan kasih.
Perjumpaan ini tidak berakhir pada pengakuan Petrus bahwa Yesus sudah bangkit. Yesus mengakhirinya dengan berkata, “Ikutlah Aku,” sebuah ajakan yang pernah Petrus dengar beberapa tahun sebelumnya. Kalau dulu Petrus mendengar ajakan tersebut dan kemudian mengikut Yesus karena kehebatan Yesus dan ia merasa sanggup mengikuti-Nya, maka hari itu, ia sadar bahwa dirinya sebetulnya tidak mampu untuk mengasihi Tuhan dengan kekuatannya sendiri. Tuhan Yesus menjumpai Petrus untuk memberikan kesempatan kedua kepada seorang yang gagal mengasihi-Nya, seorang yang pernah merasa diri hebat dan berani. Petrus melihat dirinya hanya seorang lemah yang butuh pertolongan dan kekuatan Ilahi untuk mengasihi Tuhan.
Yesus mengajak setiap kita untuk mengikut Dia. Dia akan memampukan kita untuk menjalani hidup sebagai murid Kristus yang sejati. Meskipun kita pernah gagal mengasihi-Nya, tangan kasih-Nya selalu terulur menolong kita. Dia memberikan kesempatan kedua bagi kita untuk membuktikan kasih kita kepada-Nya. Andalkan Dia dalam melakukan apa yang menjadi kehendak-Nya. Jangan pernah mengandalkan kekuatan diri sendiri yang lemah dan terbatas.

Refleksi Diri:
Kapan Anda terakhir kali mengalami kegagalan sebagai seorang murid Kristus? Apa pelajaran penting yang Anda dapatkan dari kegagalan tersebut?
Bagaimana komitmen baru Anda dalam mengikut Yesus setelah Dia memberikan kesempatan kedua?
"
Share:

Hindari Anomia

1 Yohanes 3:4-6

Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.
- 1 Yohanes 3:6

Dalam bahasa Yunani, anomia berarti pelanggaran hukum. Tindakan pelanggaran hukum seringkali dilakukan oleh umat manusia. Misalnya, coba sebutkan berapa banyak pelanggaran hukum lalu lintas yang pernah Anda lakukan/saksikan? Berapa banyak berita pelanggaran hukum di negara kita yang pernah Anda dengar? Banyak. Pelanggaran hukum seakan sudah mendarah daging dalam kehidupan manusia.
Mengapa pelanggaran hukum masih banyak terjadi di dunia? Apakah pelanggaran hukum dapat dihilangkan secara total? Tidak. Pelanggaran hukum akan terus terjadi selama ada dosa di tengah dunia. Oleh karena kejatuhan manusia ke dalam dosa, maka dunia tidak dapat terbebas dari pelanggaran hukum. Pasti ada saja pelanggaran yang terjadi.
Yohanes mengungkapkan secara jelas dalam ayat ke-4, “dosa ialah pelanggaran hukum Allah.” Dosa adalah anomia. Dosa membuat manusia mempunyai kecenderungan untuk melawan hukum Allah. Dosa membuat manusia tidak dapat menaati hukum Allah sebagaimana seharusnya. Sungguh begitu ngeri akibatnya apabila dosa terus tinggal di dalam hati kita! Jika kita membiarkan dosa menguasai hati dan hidup, lama kelamaan kita akan nyaman untuk melakukan anomia. Kita tidak lagi peka terhadap perintah Allah dan ekstremnya mungkin akan terus melawan hukum Allah. Ini adalah natur dosa yang melekat di dalam diri manusia.
Untuk itulah, Yesus Kristus datang ke dalam dunia, berkorban menyelamatkan kita semua. Keselamatan dalam Kristus telah mencelikkan mata kita dari dosa dan berbagai anomia yang mungkin selama ini dilakukan. Roh Kudus hadir menolong setiap kita agar dapat hidup dalam kebenaran Allah. Jika demikian, tepat sekali apa yang dikatakan oleh Yohanes di ayat 6, “setiap orang yang tetap berada di dalam Dia (Kristus), tidak berbuat dosa lagi.” Bukan karena kita pribadi yang hebat, tetapi karena Roh Kudus yang menolong setiap kita menjauh dari dosa.
Biarlah keselamatan yang telah kita terima akan selalu mengingatkan kita untuk menghindari anomia. Janganlah hidup di dalam dosa yang melanggar hukum Allah, tapi hiduplah di dalam Roh Kudus yang sejalan dengan hukum Allah.

Refleksi Diri:
Apakah masih ada anomia yang sering Anda lakukan dalam hidup?
Apa yang akan Anda lakukan agar tidak berbuat dosa lagi? Apakah Anda sudah meminta pertolongan Roh Kudus?

selamat beraktifitas dan sukses selalu
Share:

Sanggup Tidak Sama Dengan Pasti (2)

Daniel 3:1-18
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”
- Daniel 3:17-18

Dalam renungan kemarin, kita sudah membahas tentang kesanggupan Allah menolong manusia dan kehendak-Nya bagi manusia. Hari ini kita akan membahas pelajaran kedua dari ayat-ayat ini, yaitu iman sejati tidak berlandaskan pada tindakan Allah, tetapi pada sifat atau karakter Allah.
Mari kita bedakan beriman pada Allah karena tindakan-Nya dan beriman karena karakter-Nya. Jika Anda beriman kepada Allah karena tindakan-Nya, itu sama saja dengan seorang anak yang mencintai orangtuanya karena diberi hadiah. Ada hadiah, sayang papa-mama. Tidak ada hadiah, tidak sayang papa-mama. Jelas ini tidak benar. Iman yang benar berlandaskan pada sifat Allah, yaitu kasih, kebenaran, kebaikan, keadilan-Nya, dll. Inilah iman Sadrakh, Mesakh, Abednego. Mereka mengatakan, “tetapi seandainya (Allah) tidak (melepaskan kami), hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” Apa pun keadaannya, baik dilepaskan dari marabahaya maupun tidak, mereka tetap percaya kepada Allah. Mereka tidak akan berpaling kepada allah lain.
Banyak orang datang dan percaya kepada Allah karena sudah mengalami atau menyaksikan tindakan Allah (baca: mukjizat). Memang Allah bisa saja memakai mukjizat untuk membuat seseorang percaya. Akan tetapi, iman yang demikian sangatlah rapuh, jika tidak diperkokoh dengan pemahaman tentang siapa Allah. Seorang yang beriman hanya berlandaskan mukjizat akan hanyut jika ternyata ia tidak lagi mengalami mukjizat dalam kelanjutan hidupnya. Ia akan kehilangan iman ketika tidak lagi melihat perbuatan ajaib Allah.
Ia harus terus mengalami mukjizat. Itu bukan iman yang dikehendaki Allah. Tuhan Yesus menegur Thomas dengan mengatakan, “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, tetapi percaya.” (Yoh. 20:29). Iman sejati berlandaskan pada sifat karakter yang tidak berubah.

Refleksi Diri:
Mengapa iman yang hanya berlandaskan mukjizat itu sebenarnya sangat lemah?
Mengapa iman terutama harus berlandaskan pada karakter atau sifat Allah, bukan tindakan Allah?
"
Share:

Sanggup Tidak Sama Dengan Pasti (1)

Daniel 3:1-18
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.
- Daniel 3:17-18
Kalau kami dilemparkan ke dalam dapur api yang menyala-nyala, pastilah Allah kami sanggup melepaskan kami, dan Ia pun akan melepaskan kami dari tangan Baginda. Tetapi, sekalipun Ia tidak berbuat demikian, harap Baginda maklum, bahwa kami tetap tidak akan menyembah dewa-dewa Baginda ataupun patung emas yang Baginda buat itu.”
(Dan. 3:17-18, FAYH).
Ayat yang saya kutip di atas adalah ayat paling terkenal dalam kitab Daniel. Namun, tahukah Anda bahwa ada dua versi terjemahan untuk ayat 17? Versi pertama seperti dalam Alkitab terjemahan baru LAI, yang biasa kita pakai. Versi kedua dipakai oleh terjemahan FAYH dan beberapa terjemahan bahasa Inggris. Sengaja saya tampilkan versi kedua untuk membantu Anda memahami ayat ini, agar jangan sampai timbul penafsiran seolah-olah Allah belum tentu sanggup melepaskan ketiga teman Daniel.

Dari kedua ayat itu saya ingin mengajak Anda untuk belajar dua hal penting (hal kedua kita pelajari di esok hari):

Pertama, Allah sanggup dan berkuasa untuk membebaskan kita dari masalah tetapi tidak berarti Allah pasti membebaskan kita. Sanggup belum tentu mau atau pasti. Ada perbedaan antara karakter Allah dengan kehendak Allah. Bahwa Allah itu Mahakuasa sudah pasti. Tetapi bahwa Allah pasti menolong sesuai keinginan kita itu hal lain.

Allah akan melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya. Sadrakh, Mesakh, Abednego percaya Allah sanggup melepaskan mereka dari dapur api, tetapi mereka tidak tahu apakah kehendak Allah bagi mereka pada saat itu. Tentu saja kita juga ingin dilepaskan dari masalah yang dihadapi, tetapi keinginan kita belum tentu keinginan Allah. Kalau sampai hari ini Tuhan masih belum mengabulkan doa kita, itu bukan karena Dia tidak berkuasa, tetapi karena kehendak-Nya berbeda dengan kehendak kita. Apa alasannya? Kita tidak diberitahu, tetapi kita diberi iman untuk tetap percaya.
Refleksi Diri:
Apa makna kebenaran berikut bagi Anda: “Allah sanggup menolong apa pun masalah kita tetapi Allah belum tentu berkehendak sama dengan kehendak kita”?
Bagaimana sikap dan respons Anda, jika Allah tidak mengabulkan apa yang Anda minta atau inginkan?
"
Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.