Gereja Kristen Kalam Kudus Tepas Kesamben Blitar

Pujian Ibadah Minggu 25 Agustus

Share:

Umat dari Yang Maha Tinggi

Sebagai orang Kristen, kita memang sering merasa bangga karena menyembah Allah yang berkuasa atas segala sesuatu, yang adalah Raja di atas segala raja. Namun, kebanggaan ini bisa berbahaya jika membuat kita merasa superior dan memandang rendah orang lain yang tidak seiman. Penting untuk diingat bahwa meskipun Tuhan adalah Allah yang Maha Tinggi, Dia juga adalah Allah yang kudus dan adil.

Tuhan memilih Israel bukan karena mereka besar atau kuat, tetapi justru karena mereka kecil dan lemah (Ulangan 7:7-9). Pilihan ini didasari oleh belas kasihan Tuhan kepada Israel yang menderita di bawah penindasan di Mesir. Allah tidak berpihak pada ketidakadilan, bahkan jika itu dilakukan oleh umat-Nya sendiri. Dia adalah Allah yang adil, yang merendahkan bangsa-bangsa yang melakukan kejahatan dan ketidakadilan.

Sebagai umat-Nya, kita dipanggil untuk hidup dalam kekudusan dan keadilan. Jika kita mengaku sebagai umat Tuhan tetapi memperlakukan orang lain dengan tidak adil, kita tidak layak merayakan kemenangan Tuhan atas kefasikan. Allah yang adil mungkin tidak akan membela kita jika kita sendiri tidak hidup dalam keadilan.

Oleh karena itu, kita harus mengingat bahwa sebagai umat Tuhan, kita adalah penerima belas kasihan yang besar. Kebanggaan kita seharusnya bukan pada status kita, tetapi pada belas kasihan yang telah kita terima. Kita dipanggil untuk setia mendengarkan dan mempraktikkan firman Tuhan, hidup dalam kekudusan, dan siap untuk disempurnakan oleh-Nya. Dengan demikian, kita bisa benar-benar merayakan kemenangan Tuhan dengan hati yang murni dan sikap yang benar.

Share:

Di Mana Kita Dapat Berlindung?

Dalam hidup, tekanan dan tantangan sering kali datang dari berbagai arah—entah dari dunia luar yang penuh ketidakpastian, hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, atau bahkan dari dalam diri kita sendiri, seperti ketakutan dan trauma. Di tengah semua ini, kita butuh tempat berlindung yang aman.

Pemazmur menggambarkan Allah sebagai tempat perlindungan yang kokoh dan tidak tergoyahkan (Mazmur 46:2). Ketika dia menghadapi ancaman nyata seperti pengepungan dan peperangan, dia juga telah merasakan kelepasan yang nyata dari Allah. Ini bukan sekadar konsep, tetapi pengalaman hidup yang dialaminya secara langsung.

Pemazmur menggunakan gambaran alam yang dahsyat—gempa bumi, letusan gunung api, dan badai di lautan—untuk menunjukkan bahwa bahkan kekuatan alam yang paling menakutkan pun tidak sebanding dengan keperkasaan Allah (Mazmur 46:3-4). Dia juga memandang ke masa depan dengan keyakinan bahwa Allah, pahlawan yang perkasa, akan menghentikan semua peperangan dan membawa kedamaian yang sempurna (Mazmur 46:9-10). Keyakinan ini memberikan rasa aman dan ketenangan, bahkan di tengah badai kehidupan.

Pengalaman pemazmur mengajarkan kita untuk tidak hanya melihat kepada masalah atau tekanan yang ada, tetapi juga kepada Allah yang lebih besar daripada segala sesuatu yang kita hadapi. Saat kita mengingat bagaimana Allah telah menolong kita di masa lalu, kita dapat menemukan ketenangan dan pengharapan untuk masa depan. Bahkan ketika tekanan semakin berat, kita dapat yakin bahwa Allah yang sama yang telah menyertai kita, akan terus melakukannya.

Dalam saat-saat paling gelap, penting untuk menjaga perspektif kita dan mengingat keperkasaan dan penyertaan Allah. Dengan begitu, kita tidak hanya dapat mengatasi ketakutan kita, tetapi juga membantu orang lain menemukan tempat berlindung yang sama di dalam Tuhan.

Share:

Komitmen Pemimpin

Mazmur ini menyoroti pentingnya komitmen seorang pemimpin, khususnya seorang raja, dalam menjalankan tugasnya dengan kebenaran, perikemanusiaan, dan keadilan. Dalam konteks acara pernikahan, sering kali kita mendengar karakter mempelai pria dan wanita diperkenalkan oleh orang-orang terdekat mereka. Demikian pula dalam Mazmur ini, pemazmur memperkenalkan sang raja sebagai mempelai pria yang diundang untuk memimpin dengan bijaksana dan adil, serta mengajak sang mempelai wanita untuk tunduk kepada suaminya yang akan menjadi raja.

Karakter dan Komitmen Raja: Pemazmur menggambarkan tidak hanya penampilan fisik dan gaya bicara sang raja, tetapi juga komitmennya dalam menegakkan kebenaran dan keadilan (Mazmur 45:3-6). Pemazmur menyadari bahwa raja diangkat bukan hanya untuk berkuasa, tetapi untuk mencintai keadilan dan kebenaran, serta untuk memimpin dengan hati yang peduli pada kesejahteraan umat (Mazmur 45:7-8). Pemimpin dalam Alkitab, termasuk raja-raja Israel, diharapkan untuk tidak hanya menjadi penguasa, tetapi juga hamba Allah yang menjalankan pemerintahan dengan adil dan benar, sebagaimana diatur dalam Ulangan 16:18-20.

Peran Permaisuri: Pemazmur juga memberikan arahan kepada permaisuri raja, mengajak dia untuk "melupakan bangsamu dan seisi rumah ayahmu" (Mazmur 45:11). Ini bukan sekadar anjuran untuk meninggalkan latar belakangnya, tetapi panggilan untuk mengutamakan kepentingan kerajaan dan umat Allah di atas kepentingan pribadi atau keluarga. Sebagai permaisuri, ia harus bersama-sama dengan raja berkomitmen untuk melayani Allah dan mengedepankan kebenaran serta keadilan dalam pemerintahan.

Kebenaran dan Keadilan dalam Alkitab: Kebenaran dan keadilan dalam Alkitab bukan hanya konsep teoretis tetapi diwujudkan dalam tindakan nyata, seperti menjauhi penyembahan berhala, tidak menindas orang lain, dan tidak mengambil keuntungan dari kesulitan sesama (Yehezkiel 18:5-9). Seorang pemimpin yang adil akan menghindari kecurangan dan setia menjalankan hukum dengan benar. Tindakan yang benar dan adil dari seorang pemimpin tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi kesejahteraan orang banyak.

Pentingnya Kepemimpinan yang Adil: Sejarah Israel menunjukkan bahwa pemimpin yang baik harus mampu menjaga komitmennya terhadap Allah dan kebenaran, serta tidak terpengaruh oleh godaan atau kepentingan pribadi. Beberapa raja seperti Salomo, Ahab, atau Yoram terjatuh dalam dosa dan kezaliman karena terpengaruh oleh istri-istri mereka yang menjauhkan mereka dari Allah.

Doa untuk Pemimpin: Bacaan ini mengundang kita untuk mendoakan para pemimpin kita, termasuk presiden, agar mereka mampu memimpin dengan adil dan benar. Marilah kita berdoa agar mereka tidak tergoda oleh kepentingan sepihak, tetapi tetap berkomitmen untuk menyejahterakan rakyat dan menjunjung tinggi kebenaran serta keadilan. Kepemimpinan yang benar adalah refleksi dari kehendak Allah, dan kita semua bertanggung jawab untuk mendukung dan mendoakan para pemimpin kita agar mereka dapat menjalankan tugas mereka sebagai wakil Allah di bumi ini.

Share:

Ditinggalkan Allah?

Ditinggalkan oleh Allah adalah salah satu situasi paling menakutkan dan sulit dibayangkan. Bagi umat Allah, perasaan ini merupakan ujian iman yang mendalam, seperti yang diekspresikan dalam Mazmur ini.

Keadaan Umat Allah: Umat Allah merasa tak berdaya menghadapi musuh-musuh mereka, sehingga mereka diejek, disindir, dicela, dan dinista (Mazmur 44:10-17). Mereka merasa bahwa Allah telah melupakan mereka, tidak lagi menjaga dan melindungi mereka (Mazmur 44:23-25). Keadaan ini sangat berbeda dari masa-masa ketika Allah berada di pihak mereka, membawa kemenangan dan kemuliaan bagi umat-Nya (Mazmur 44:1-9). Dalam masa kejayaan itu, dengan tangan Allah dan dalam nama-Nya, umat bersukacita dan memuji dengan gembira.

Namun, kini mereka merasa ditinggalkan, terpuruk dalam kekalahan dan penindasan. Tetapi yang menarik, di tengah penderitaan ini, pemazmur tetap berharap dan memohon kepada Allah. Ia berkata, "Bersiaplah menolong kami, bebaskanlah kami karena kasih setia-Mu!" (Mazmur 44:27). Permohonan ini didasarkan pada kasih setia Allah, yang menjadi fondasi iman mereka.

Kasih Setia Allah: Kasih setia adalah istilah yang menggambarkan kesetiaan Allah dalam menggenapi janji-Nya. Allah telah mengikatkan diri-Nya dalam perjanjian bahwa Ia akan menjadi Allah bagi umat-Nya, dan mereka akan menjadi umat-Nya. Meskipun manusia sering kali ingkar janji, Allah tidak pernah mengingkari perjanjian-Nya. Ia setia, bukan hanya untuk menghukum dosa, tetapi juga untuk menyelamatkan umat-Nya.

Kesetiaan Allah ini tidak bergantung pada kesetiaan manusia. Bahkan dalam Perjanjian Baru, kita diingatkan bahwa tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Yesus Kristus. Penindasan, kesengsaraan, penganiayaan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya, dan pedang adalah hal-hal yang mengerikan, tetapi semua itu tidak dapat menghalangi Allah dari menjadikan kita lebih dari pemenang (Roma 8:35-37). Ini bukan karena kekuatan atau usaha kita, melainkan karena kasih Allah yang setia.

Aplikasi dalam Hidup Kita: Dalam hidup ini, suka duka datang silih berganti. Tidak ada yang bisa memastikan bahwa hidup akan selalu berjalan dengan baik. Namun, satu hal yang pasti adalah Allah selalu ada bersama kita dalam setiap musim kehidupan. Kita mungkin merasa ditinggalkan atau terpuruk, tetapi kita harus ingat bahwa Allah tidak pernah benar-benar meninggalkan kita. Dalam momen-momen terburuk sekalipun, kita bisa memegang teguh janji-Nya. Ingatlah, Allah telah memberikan Anak-Nya yang tunggal bagi kita, sebagai bukti kasih-Nya yang tidak terbatas.

Jangan pernah merasa bahwa Allah telah meninggalkan Anda. Ketika kita merasa terpuruk dan ditinggalkan, mari kita ingat kasih setia Allah yang tidak pernah gagal. Dengan iman, kita bisa berpegang pada janji-Nya dan yakin bahwa Dia akan membawa kita melalui setiap tantangan hidup. Kita tidak pernah benar-benar sendiri, karena Allah yang penuh kasih setia selalu bersama kita.

Share:

Jujur di Hadapan Allah

Mazmur 42 dan 43 menggambarkan kondisi emosional yang sangat mendalam dari pemazmur yang mengalami tekanan batin. Pertanyaan yang diulang-ulang, "Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku?" (Mazmur 42:6a, 12a, 43:5a), menunjukkan betapa mendalamnya perasaan tertekan yang ia rasakan. Namun, pertanyaan ini bukanlah sekadar keluhan tanpa arah, melainkan sebuah refleksi dari jiwanya yang sedang mencari jawaban dan kekuatan di tengah pergumulan.

Penyebab Tekanan:

  1. Perasaan Ditinggalkan oleh Allah: Pemazmur merasakan kekosongan spiritual dan kehilangan keintiman dengan Tuhan. Ia tidak lagi merasakan kehadiran Tuhan seperti dulu. Pengalaman indah saat beribadah kepada Tuhan hanya tinggal kenangan yang semakin menambah rasa kesepiannya (Mazmur 42:2, 5). Keadaan ini membuat pemazmur merasa bahwa Tuhan telah meninggalkannya (Mazmur 42:10, 43:2).

  2. Cemoohan dari Lawan: Para musuhnya mengejeknya dengan pertanyaan sinis, "Di mana Allahmu?" (Mazmur 42:4, 11). Ejekan ini semakin memperdalam penderitaan pemazmur, yang sudah merasa ditinggalkan oleh Allah.

Meskipun berada dalam tekanan yang berat, pemazmur tetap berpegang pada imannya. Alih-alih mencari jawaban di luar dirinya, ia memilih untuk kembali kepada Allah. Tiga kali ia mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri, tiga kali pula ia memberikan jawaban yang sama: "Berharaplah kepada Allah!" (Mazmur 42:6b, 12b, 43:5b). Ini mencerminkan keteguhan hati dan keyakinannya bahwa hanya di dalam Tuhanlah ia dapat menemukan pengharapan dan kekuatan.

Karakter Allah: Pemazmur mengenal Allah sebagai sosok yang penuh kasih setia (Mazmur 42:9), tempat perlindungan yang kokoh (Mazmur 42:10), tempat pengungsian (Mazmur 43:2), serta sumber sukacita dan kegembiraan (Mazmur 43:4). Ia percaya bahwa Allah akan menuntunnya kembali ke tempat kediaman-Nya, di mana ia dapat menikmati keintiman dengan-Nya (Mazmur 43:3-4).

Dalam kehidupan kita, berbagai masalah dan tekanan dapat membuat kita merasa stres, takut, atau bahkan tak berdaya. Namun, seperti pemazmur, kita diajak untuk tidak lari dari Tuhan, melainkan datang kepada-Nya dengan hati yang jujur dan terbuka. Kejujuran di hadapan Tuhan adalah langkah awal menuju pemulihan. Ketika kita mengakui kelemahan dan kerapuhan kita, Tuhan yang maha pengasih dan mahakuasa akan memberikan pertolongan-Nya.

Contoh dari tokoh-tokoh Alkitab seperti Musa yang merasa bebannya terlalu berat (Bilangan 11:14-15), Elia yang ketakutan menghadapi Izebel (1 Raja-raja 19:4), dan bahkan Yesus yang sangat sedih menjelang penyaliban (Matius 26:38), menunjukkan bahwa kejujuran di hadapan Allah adalah sikap yang benar. Allah memahami kerapuhan kita dan siap memberikan belas kasihan serta pertolongan-Nya.

Jangan takut untuk jujur kepada Tuhan tentang apa yang kita rasakan. Entah itu ketakutan, kesedihan, atau keraguan, Tuhan ingin kita datang kepada-Nya dengan hati yang terbuka. Dalam kejujuran itulah kita menemukan pengharapan yang sejati. Berharaplah kepada Allah, Penolong kita yang setia!

Share:

Allah yang Menyembuhkan

Mazmur ini memberikan gambaran tentang penderitaan mendalam yang dialami oleh pemazmur. Di tengah-tengah penyakit yang dideritanya, ia juga harus menghadapi serangan dari para lawan, baik dari musuh-musuh yang membencinya maupun dari sahabat-sahabat karibnya yang justru mengkhianatinya.

Lawan Pertama: Musuh-musuh yang membenci pemazmur bukan hanya berharap akan kematiannya, tetapi mereka juga menyebarkan kebohongan dan fitnah. Mereka datang bukan untuk memberikan dukungan atau penghiburan, tetapi untuk menyebarkan desas-desus bahwa pemazmur tidak akan pernah sembuh, dan penyakitnya akan membawa kematian (Mazmur 41:6-9). Mereka berkata, "Takkan bangun lagi," menekankan keyakinan mereka bahwa pemazmur telah jatuh dalam penghukuman ilahi yang tak terelakkan.

Lawan Kedua: Sahabat karib yang seharusnya menjadi sumber damai sejahtera justru berkhianat. Dalam konteks Yahudi, makan bersama adalah tanda persekutuan dan kedekatan yang mendalam. Sahabat karib ini, yang seharusnya menjadi orang yang paling memahami dan mendukung pemazmur, malah meninggalkannya di saat-saat terberat, menambah luka batin yang sudah dirasakan (Mazmur 41:10).

Pemazmur menghubungkan penderitaannya dengan dosa terhadap Allah (Mazmur 41:5). Hal ini membuat lawan-lawannya menuduh bahwa penyakit yang dideritanya adalah hukuman langsung dari Tuhan. Namun, pemazmur tidak menyerah pada tuduhan ini. Sebaliknya, ia memohon belas kasihan Tuhan untuk menyembuhkan dirinya dan membuktikan kebenaran dan ketulusannya di hadapan para lawannya (Mazmur 41:11-13).

Pemazmur sadar bahwa kesembuhan dan pemulihan sejati hanya bisa datang dari Allah. "TUHAN, kasihanilah aku" adalah seruan seseorang yang mengakui ketidakberdayaannya dan sepenuhnya bergantung pada belas kasihan dan kemurahan Tuhan.

Mazmur ini menjadi undangan bagi siapa pun yang mengalami sakit, baik secara fisik maupun batin, untuk datang kepada Tuhan yang menyembuhkan. Jika penyakit itu disebabkan oleh dosa, pemazmur mengajarkan kita untuk memohon pengampunan dan kesembuhan. Namun, jika penyakit bukan karena dosa (seperti yang terlihat dalam Yohanes 9:3), kita diajak untuk bersiap agar pekerjaan-pekerjaan Allah dapat dinyatakan dalam kehidupan kita.

Refleksi: Ketika kita mengalami penderitaan atau penyakit, baik fisik maupun emosional, apakah kita langsung beralih kepada Tuhan dalam doa dan permohonan? Atau, apakah kita mencoba menghadapinya dengan kekuatan sendiri? Mazmur ini mengingatkan kita bahwa sumber sejati dari kesembuhan dan pemulihan adalah Tuhan sendiri. Mari kita datang kepada-Nya dengan kerendahan hati, memohon belas kasihan-Nya, dan percaya bahwa Dia akan bekerja untuk kebaikan kita.

Doa: Tuhan, kami datang kepada-Mu dengan segala kelemahan dan penderitaan kami. Engkaulah Allah yang menyembuhkan, dan hanya kepada-Mu kami bergantung. Kasihanilah kami, Tuhan, sembuhkanlah penyakit kami, pulihkanlah jiwa kami, dan biarlah pekerjaan-Mu dinyatakan dalam hidup kami. Dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.

Share:

Allah yang Melepaskan

Mazmur ini memberikan sebuah gambaran yang sangat kuat tentang ketergantungan total kepada Allah dalam menghadapi penderitaan dan masalah serius. Sang pemazmur, yang menggambarkan dirinya sebagai "sengsara dan miskin" (Mazmur 40:18), mengungkapkan betapa besar masalah yang dihadapinya, bahkan sampai tak terhitung jumlahnya, seperti rambut di kepalanya (Mazmur 40:13). Dalam kondisi yang demikian, ia menunjukkan dua hal yang penting: kesadaran akan ketidakmampuannya sendiri dan keyakinan akan kebesaran Allah.

1. Ketergantungan pada Allah: Pemazmur menyadari bahwa dirinya tidak mampu melepaskan diri dari keadaan sulit tersebut. Ia merasa menderita dan tak berdaya, namun tetap berharap penuh pada Tuhan. Ini menunjukkan sikap hati yang benar di hadapan Allah, yaitu ketergantungan total kepada-Nya. Di tengah segala kesulitan, pemazmur tidak mencari pertolongan dari manusia atau kekuatan duniawi lainnya, tetapi hanya kepada Allah yang telah menolongnya pada masa lalu (Mazmur 40:2-4). Keyakinan ini membawanya untuk terus berpegang pada kepercayaan bahwa Allah yang telah membebaskannya sebelumnya, pasti akan melepaskannya lagi.

2. Kesaksian tentang Perbuatan Allah: Mazmur ini juga menekankan pentingnya bersaksi tentang kebesaran dan perbuatan Tuhan. Pemazmur tidak hanya berdoa dan berharap kepada Tuhan, tetapi juga memberitakan keagungan dan perbuatan Tuhan kepada orang lain (Mazmur 40:10-12). Ini adalah pengingat bagi kita bahwa dalam segala keadaan, kita harus terus menceritakan kebaikan dan kuasa Allah kepada sesama, agar mereka juga dapat merasakan dan mengenal kebesaran-Nya.

3. Pengharapan di Tengah Penderitaan: Meskipun pemazmur berada dalam keadaan sengsara, ia tidak kehilangan harapan. Pengharapan ini tidak didasarkan pada situasi yang dihadapinya, tetapi pada keyakinan bahwa Allah adalah penolong yang setia dan sanggup membalikkan keadaan. Ini adalah pelajaran penting bagi kita, bahwa dalam situasi apa pun, kita harus terus percaya dan berharap kepada Allah, karena Dia adalah satu-satunya yang dapat membebaskan kita dari segala masalah.

4. Perenungan untuk Bangsa: Mazmur ini juga relevan untuk direnungkan secara komunal, terutama dalam konteks kemerdekaan dan kesejahteraan bangsa. Pemazmur menyatakan bahwa perbuatan Tuhan begitu banyak dan tiada bandingannya (Mazmur 40:6). Ini menjadi pengingat bagi kita, sebagai sebuah bangsa, untuk mengakui dan mensyukuri perbuatan Tuhan yang telah memerdekakan kita. Kita harus terus berdoa agar Tuhan dengan kuasa-Nya mengubah keadaan bangsa kita, memberikan perlindungan, dan memelihara kemerdekaan yang telah diberikan-Nya.

Mazmur ini mengundang kita untuk bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi segala tantangan dan kesulitan hidup. Allah yang telah menolong dan membebaskan kita di masa lalu, pasti akan terus melepaskan kita dari segala masalah yang ada dan yang akan datang. Baik secara pribadi maupun sebagai bangsa, kita diajak untuk selalu mengandalkan Tuhan dan bersaksi tentang kebesaran-Nya kepada orang lain. Dengan demikian, kita hidup dalam pengharapan yang pasti, bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang melepaskan dan memelihara kita dalam segala keadaan.

Pagi ini Aku datang kepadamu Tuhan dan aku  mohonkan berkat kepada TUHAN untuk Bapak, Ibu,jemaat  sodara-sodari  sekalian. 

Kiranya berkat kesehatan. Berkat sukacita. Berkat Damai Sejahtera. Mengalir dalam kehidupan kita semua. 

Dan diberkati juga rumah tangga mu. Anak-anak dan cucu-cucu mu. 

Pekerjaanmu. Sawah dan ladang mu. perusahaanmu

Studi mu. Toko mu.Usaha mu. Kantor mu, moumu, pelanggannya, 

Rumah mu. Keluarga mu.Pelayanan mu. Gereja mu.. Majikanmu, serta Calon pendamlingmu

Dalam nama TUHAN YESUS biarlah berkat Mu mengalir melimpah dalam kehidupan kami... Yang percaya katakan AMIN.!!!... TUHAN YESUS memberkati

Share:

Menolak atau Menerima Penderitaan?

Pergumulan dan penderitaan sering kali menjadi ujian besar bagi orang Kristen, bukan hanya karena beratnya beban itu sendiri, tetapi lebih pada bagaimana kita bersikap terhadapnya. Banyak orang yang terjebak dalam sikap mengasihani diri, meratap, atau terus-menerus membandingkan keadaan mereka dengan orang lain. Sikap seperti ini tidak hanya memperparah penderitaan, tetapi juga menjauhkan kita dari tujuan yang lebih besar di balik pengalaman tersebut.

Dalam Mazmur 39, kita melihat bagaimana Daud, di tengah penderitaannya, memilih untuk datang kepada Tuhan. Meskipun pada awalnya ia berusaha untuk tetap tenang dan tidak berbicara sembarangan (Mazmur 39:2), akhirnya Daud tidak tahan dan membuka keluhannya kepada Tuhan (Mazmur 39:3-5). Melalui proses ini, Daud mendapat pencerahan tentang kehidupan manusia yang fana dan betapa pentingnya berfokus pada Tuhan di tengah segala sesuatu yang tampak sia-sia.

1. Menyadari Kesia-siaan Hidup Tanpa Tuhan: Daud memahami bahwa tanpa Tuhan, kehidupan manusia hanyalah kesia-siaan (Mazmur 39:6-7, 12). Segala hal yang sering kali dianggap penting oleh dunia—seperti kekayaan, ketenaran, atau kekuasaan—tidak berarti apa-apa di hadapan Tuhan. Pengertian ini mengarahkan Daud untuk tidak mencari penghiburan semata-mata dalam kelepasan dari penderitaan, melainkan untuk mencari Tuhan sendiri.

2. Fokus pada Tuhan, Bukan Diri Sendiri: Salah satu bahaya terbesar dalam menghadapi penderitaan adalah terjebak dalam sikap yang salah, di mana fokus kita menjadi diri sendiri dan keinginan untuk segera lepas dari penderitaan. Mazmur 39 mengajarkan kita untuk tetap memusatkan perhatian pada Tuhan, meskipun dalam penderitaan yang paling berat sekalipun. Ini mengingatkan kita bahwa keutamaan hidup bukanlah tentang bagaimana kita menghindari penderitaan, tetapi bagaimana kita tetap setia dan bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan melalui penderitaan tersebut.

3. Penyerahan Diri kepada Tuhan: Mazmur ini juga mengajak kita untuk berserah kepada Tuhan dalam segala keadaan. Kita tidak selalu bisa memahami sepenuhnya mengapa kita harus mengalami penderitaan, tetapi kita dapat mempercayai Tuhan yang berdaulat atas segala sesuatu. Seperti Daud yang datang kepada Tuhan dengan segala keluhannya, kita pun diajak untuk membawa setiap pergumulan kita kepada-Nya dengan sikap yang rendah hati dan berserah penuh.

4. Pengalaman Pribadi dengan Tuhan: Pada akhirnya, penderitaan bisa menjadi sarana bagi kita untuk mengalami Tuhan secara lebih pribadi. Seperti yang dialami oleh Ayub, penderitaan bisa membawa kita kepada pengenalan yang lebih mendalam akan Tuhan. Ayub, setelah melalui penderitaan yang luar biasa, berkata, "Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau" (Ayub 42:5-6). Penderitaan telah membuka mata rohani Ayub untuk melihat dan mengenal Tuhan secara langsung dan mendalam.

Saat kita dihadapkan dengan penderitaan, kita memiliki pilihan: menolaknya dengan sikap yang salah, atau menerimanya sebagai bagian dari rencana Tuhan untuk membawa kita lebih dekat kepada-Nya. Fokus kita bukan pada seberapa cepat kita dapat lepas dari penderitaan, tetapi seberapa dalam kita dapat mengenal Tuhan melalui penderitaan itu. Dengan demikian, kita dapat belajar untuk hidup tidak hanya untuk mencari kenyamanan duniawi, tetapi untuk bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Tuhan, yang pada akhirnya memberikan kita pengertian dan kekuatan sejati.

Share:

Categories

Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.